Jumat, 09 Januari 2015

Tugas Softskill 1 Perilaku Konsumen

Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian/belanja online?
Berkembangnya internet banyak hal baru yang timbul dari berkembangnya internet tersebut, salah satunya adalah pembelian atau belanja barang ataupun jasa secara online berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian barang ataupun jasa, penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga pupularitas. (Laohapensang,2009)
Ada beberapa alasan kenapa konsumen lebih memilih belanja online dari pada belanja secara offline yaitu:
1. Waktu
Konsumen lebih memilih belanja secara online dikarenakan waktu yang di pakai relatif sedikit dari pada belanja secara offline yang membutuhkan waktu yang relative sangat lama, dan di toko  online barang yang di jual biasanya sudah disertakan spesifikasi barang yang sangat lengkap.
2. Ketersedian barang di pasaran
Ada kalanya sebuah barang yang konsumen cari sangat sulit didapatkan di tempat tinggal konsumen, misalnya jika konsumen ingin membeli produk X dan ternyata produk X tidak ada di Jakarta. tapi ada sebuah toko online di Medan yang menjual barang itu, mau tidak mau, konsumen harus membeli barang itu dari toko online yang berpusat di Medan.   
3. Harga
Di beberapa toko online, harga bisa lebih murah dibandingkan harga yang ada di toko offline. Bahkan ada beberapa barang yang di toko offline lebih mahal dua kali lipat dibandingkan di toko online.
Sumber :
Laohanpengsang , O  2009. “factor ibfluencing internet shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand.” journal of fashion marketing and manangement vol.13 No.4,2009 pp.501-513

Tidak ada komentar:

Posting Komentar