Bagaimana
perilaku konsumen terhadap pembelian/belanja online?
Berkembangnya
internet banyak hal baru yang timbul dari berkembangnya internet tersebut,
salah satunya adalah pembelian atau belanja barang ataupun jasa secara online
berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian barang ataupun
jasa, penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas,
keamanan, dan juga pupularitas. (Laohapensang,2009)
Ada
beberapa alasan kenapa konsumen lebih memilih belanja online dari pada belanja
secara offline yaitu:
1.
Waktu
Konsumen
lebih memilih belanja secara online dikarenakan waktu yang di pakai relatif
sedikit dari pada belanja secara offline yang membutuhkan waktu yang relative
sangat lama, dan di toko online barang
yang di jual biasanya sudah disertakan spesifikasi barang yang sangat lengkap.
2.
Ketersedian barang di pasaran
Ada
kalanya sebuah barang yang konsumen cari sangat sulit didapatkan di tempat
tinggal konsumen, misalnya jika konsumen ingin membeli produk X dan ternyata
produk X tidak ada di Jakarta. tapi ada sebuah toko online di Medan yang
menjual barang itu, mau tidak mau, konsumen harus membeli barang itu dari toko
online yang berpusat di Medan.
3.
Harga
Di
beberapa toko online, harga bisa lebih murah dibandingkan harga yang ada di
toko offline. Bahkan ada beberapa barang yang di toko offline lebih mahal dua
kali lipat dibandingkan di toko online.
Sumber
:
Laohanpengsang
, O 2009. “factor ibfluencing internet
shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand.” journal of fashion marketing and manangement vol.13 No.4,2009
pp.501-513
Tidak ada komentar:
Posting Komentar