Jumat, 09 Januari 2015

Tugas Sofstkill 2 : Perilaku Konsumen

Cari/analisis jurnal tentang tentang perilaku konsumen terhadap pembelian suatu barang/merek/brand ?

Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepatu futsal Adidas. Persentase sumbangan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 10,7%. Sedangkan sisanya sebesar 89,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 2. Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepatu futsal Adidas. Persentase sumbangan pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 7,5%. Sedangkan sisanya sebesar 92,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 3. Kualitas produk dan desain produk secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu futsal Adidas. 4. Persentase sumbangan pengaruh variabel independen (kualitas produk dan desain produk) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 17,6%. Sedangkan sisanya yakni 82,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Jadi analisis menurut saya, konsumen akan melakukan suatu keputusan pembelian dengan melihat desain produk dan kualitas produk karena konsumen akan menggunakan produk tersebut apabila kedua variabel tersebut dapat membuat konsumen merasa puas dengan produk tersebut begitu juga karena produk sepatu futsal Adidas ini merupakan vendor terkemuka di dunia yang sangat di gandrungi oleh kalangan remaja sehingga secara garis besar hampir setiap kalangan akan memilih sepatu futsal Adidas.

Sumber :
Basrah saidani, M Aulia R, Mohamad R.2013. Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu futsal Adidas di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 4(2). 214


Tugas Softskill 1 Perilaku Konsumen

Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian/belanja online?
Berkembangnya internet banyak hal baru yang timbul dari berkembangnya internet tersebut, salah satunya adalah pembelian atau belanja barang ataupun jasa secara online berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara pembelian barang ataupun jasa, penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga pupularitas. (Laohapensang,2009)
Ada beberapa alasan kenapa konsumen lebih memilih belanja online dari pada belanja secara offline yaitu:
1. Waktu
Konsumen lebih memilih belanja secara online dikarenakan waktu yang di pakai relatif sedikit dari pada belanja secara offline yang membutuhkan waktu yang relative sangat lama, dan di toko  online barang yang di jual biasanya sudah disertakan spesifikasi barang yang sangat lengkap.
2. Ketersedian barang di pasaran
Ada kalanya sebuah barang yang konsumen cari sangat sulit didapatkan di tempat tinggal konsumen, misalnya jika konsumen ingin membeli produk X dan ternyata produk X tidak ada di Jakarta. tapi ada sebuah toko online di Medan yang menjual barang itu, mau tidak mau, konsumen harus membeli barang itu dari toko online yang berpusat di Medan.   
3. Harga
Di beberapa toko online, harga bisa lebih murah dibandingkan harga yang ada di toko offline. Bahkan ada beberapa barang yang di toko offline lebih mahal dua kali lipat dibandingkan di toko online.
Sumber :
Laohanpengsang , O  2009. “factor ibfluencing internet shopping behaviour: a survey of consumers in Thailand.” journal of fashion marketing and manangement vol.13 No.4,2009 pp.501-513